Ban Untuk Satria Fu


Belajar dari pengalaman adalah hal yang paling bagus untuk menentukan ban merk apa yang cocok untuk tunggangan Satria Fu Anda. Apakah ingin menggunakan yang compound soft, medium atau hard. Sedikit belajar dari pemilihan ban pada saat kita nonton balapan motogp. Pernah melihat statistik atau laporan data penggunaan jenis ban yang digunakan oleh setiap pembalap berbeda.

Ada juga yang sama, hal itu ditentukan oleh cuaca, yang berpengaruh pada kondisi suhu aspal sirkuit balapan. Secara detail tidak saya bahas karena takut salah persepsi dan membuat pernyataan salah secara teknis. Yang akan kita kupas tuntas adalah pemilihan ban satria fu semenjak saya beli tahun 2010 hingga sekarang tahun 2015.

Baik, mari kita mulai ungkap ban untuk satria fu :

  1. Ban IRC bawaan pabrikan, cocok untuk segala medan jalanan pada musim hujan dan musim kemarau saat panas berkepanjangan .Bertahan cukup lama hampir tiga tahun akan tetapi ada masalah ketika memasuki masa-masa batas expired. Dimana timbul gelembung-gelembung tak beraturan yang menimbulkan tidak nyaman saat satria fu ditunggangi. Buat yang sudah mengalami masa-mas ini pasti tahu bentuknya jadi kaya apa, meskipun ban tidak gundul tetapi putaran ban jadi tidak stabil. Seolah seperti ban bocor atau ban oleng.
  2. Ban FDR Genzi, cocok untuk musim panas (track jalanan kering). Tidak cocok untuk musim hujan (track basah), pernah saya alami ketika melewati jalan di daerah tangerang yang tergenang air banjir. Ban seolah terpeleset terbawa arus. Ban mengalami gundul bagian tengah, bagian samping kanan dan kiri utuh.
  3. Ban Swallow, saya tidak merekomendasikan ban ini karena licin. Apalagi kalau saat mengerem, ban tergelincir meskipun tidak jauh tapi bisa dirasakan.
  4. Zeneos, menurut saya bisa sedikit diandalkan walaupun ada yang bilang juga saat melakukan pengereman seolah terlempar (basa jawane ngepot). Zeneos termasuk ban yang medium karena ban cepet abis menimbulkan umur pakai tak lama, hanya 5-12 bulan. Waktu itu adik saya yang ganti karena sudah gundul.
  5. Aspira, karakter mirip dengan IRC hanya waktunya yang lebih pendek. masalah yang ditimbulkan mirip seperti IRC. Untuk jenis ban ini adalah jenis hard. Aman untuk musim kemarau dan musim hujan, umur pakai 1 tahunan.
  6. Michelin Pilot Street, yang sekarang sedang saya pakai. Dipasang per tanggal 3 Juli 2015, untuk penilaian saya belum bisa menilai karena baru dipakai beberapa hari. Nanti kalau sudah selesai berpetualang dengan pilot street akan saya update disini.

Kalau masalah harga diseuaikan dengan kantong masing-masing, serta pemilihan ban sesuaikan dengan kondisi jalanan yang sering Anda lewati. Kata temen saya, yang menilai bahwa para sales produk yang sering mengaspal dijalanan lebih memilih Michelin karena soft. Nyaman untuk menelusuri jalanan tiap hari dibawah terik matahari dan dinginnya hujan. Kalau Anda sendiri menggunakan ban apa dan menurut Anda, ban untuk satria fu yang cocok dan bagus jenis ban atau ban merk apa?

Iklan

2 comments on “Ban Untuk Satria Fu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s