Bunyi Pasal 77 – 85 Waktu Kerja, Undang Undang Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003


Paragraf 4

Waktu Kerja

Pasal 77

(1) Setiap pengusaha wajib melaksanakan ketentuan waktu kerja.

(2) Waktu kerja sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) meliputi:

a. 7 (tujuh) jam 1 (satu) hari dan 40 (empat puluh) jam 1 (satu) minggu untuk 6 (enam) hari kerja dalam 1 (satu) minggu; atau

b. 8 (delapan) jam 1 (satu) hari dan 40 (empat puluh) jam 1 (satu) minggu untuk 5 (lima) hari kerja dalam 1 (satu) minggu.

(3) Ketentuan waktu kerja sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) tidak berlaku bagi sektor usaha atau pekerjaan tertentu.

(4) Ketentuan mengenai waktu kerja pada sektor usaha atau pekerjaan tertentu sebagaimana dimaksud dalam ayat (3) diatur dengan Keputusan Menteri.

Pasal 78

(1) Pengusaha yang mempekerjakan pekerja/buruh melebihi waktu kerja sebagaimana dimaksud dalam Pasal 77 ayat (2) harus memenuhi syarat:

a. ada persetujuan pekerja/buruh yang bersangkutan; dan

b. waktu kerja lembur hanya dapat dilakukan paling banyak 3 (tiga) jam dalam 1 (satu) hari dan 14 (empat belas) jam dalam 1 (satu) minggu. (2) Pengusaha yang mempekerjakan pekerja/buruh melebihi waktu kerja sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) wajib membayar upah kerja lembur.

(3) Ketentuan waktu kerja lembur sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) huruf b tidak berlaku bagi sektor usaha atau pekerjaan tertentu.

(4) Ketentuan mengenai waktu kerja lembur dan upah kerja lembur sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) dan ayat (3) diatur dengan Keputusan Menteri.

Pasal 79

(1) Pengusaha wajib memberi waktu istirahat dan cuti kepada pekerja/buruh.

(2) Waktu istirahat dan cuti sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), meliputi:

a. istirahat antara jam kerja, sekurang kurangnya setengah jam setelah bekerja selama 4 (empat) jam terus menerus dan waktu istirahat tersebut tidak termasuk jam kerja;

b. istirahat mingguan 1 (satu) hari untuk 6 (enam) hari kerja dalam 1 (satu) minggu atau 2 (dua) hari untuk 5 (lima) hari kerja dalam 1 (satu) minggu;

c. cuti tahunan, sekurang kurangnya 12 (dua belas) hari kerja setelah pekerja/buruh yang bersangkutan bekerja selama 12 (dua belas) bulan secara terus menerus; dan

d. istirahat panjang sekurang-kurangnya 2 (dua) bulan dan dilaksanakan pada tahun ketujuh dan kedelapan masing-masing 1 (satu) bulan bagi pekerja/buruh yang telah bekerja selama 6 (enam) tahun secara terus-menerus pada perusahaan yang sama dengan ketentuan pekerja/buruh tersebut tidak berhak lagi atas istirahat tahunannya dalam 2 (dua) tahun berjalan dan selanjutnya berlaku untuk setiap kelipatan masa kerja 6 (enam) tahun.

(3) Pelaksanaan waktu istirahat tahunan sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) huruf c diatur dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama.

(4) Hak istirahat panjang sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) huruf d hanya berlaku bagi pekerja/buruh yang bekerja pada perusahaan tertentu.

(5) Perusahaan tertentu sebagaimana dimaksud dalam ayat (4) diatur dengan Keputusan Menteri.
Pasal 80

Pengusaha wajib memberikan kesempatan yang secukupnya kepada pekerja/buruh untuk melaksanakan ibadah yang diwajibkan oleh agamanya.

Pasal 81

(1) Pekerja/buruh perempuan yang dalam masa haid merasakan sakit dan memberitahukan kepada pengusaha, tidak wajib bekerja pada hari pertama dan kedua pada waktu haid.

(2) Pelaksanaan ketentuan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) diatur dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama.

Pasal 82

(1) Pekerja/buruh perempuan berhak memperoleh istirahat selama 1,5 (satu setengah) bulan sebelum saatnya melahirkan anak dan 1,5 (satu setengah) bulan sesudah melahirkan menurut perhitungan dokter kandungan atau bidan.

(2) Pekerja/buruh perempuan yang mengalami keguguran kandungan berhak memperoleh istirahat 1,5 (satu setengah) bulan atau sesuai dengan surat keterangan dokter kandungan atau bidan.

Pasal 83

Pekerja/buruh perempuan yang anaknya masih menyusu harus diberi kesempatan sepatutnya untuk menyusui anaknya jika hal itu harus dilakukan selama waktu kerja.

Pasal 84

Setiap pekerja/buruh yang menggunakan hak waktu istirahat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 79 ayat (2) huruf b, c, dan d, Pasal 80, dan Pasal 82 berhak mendapat upah penuh.

Pasal 85

(1) Pekerja/buruh tidak wajib bekerja pada hari-hari libur resmi.

(2) Pengusaha dapat mempekerjakan pekerja/buruh untuk bekerja pada hari-hari libur resmi apabila jenis dan sifat pekerjaan tersebut harus dilaksanakan atau dijalankan secara terus menerus atau pada keadaan lain berdasarkan kesepakatan antara pekerja/buruh dengan pengusaha.

(3) Pengusaha yang mempekerjakan pekerja/buruh yang melakukan pekerjaan pada hari libur resmi sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) wajib membayar upah kerja lembur.

(4) Ketentuan mengenai jenis dan sifat pekerjaan sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) diatur dengan Keputusan Menteri.

Iklan

34 comments on “Bunyi Pasal 77 – 85 Waktu Kerja, Undang Undang Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003

  1. Mohon penjelasan nya bapak, Tentang pasal yang mengatur kerja lembur pada hari libur resmi.
    Pagi bapak, saya bekerja di suatu perusahan sebagai keamanan. Berhak kah kami menagih upah lembur libur resmi pada tangga 9februari dan 25 februari 2016, sampai di akhir april ini belum di bayar.

    • kalau belum dibayar langsung tuntut ke perusahaan bersangkutan.

      Banyak diantara pekerja yang masih belum mengetahui secara detail mengenai perhitungan upah lembur. Terkadang pekerja hanya menerima saja upah lembur yang ditetapkan perusahaan atau kadang masih banyak yang tidak mendapat uang lembur. Apa itu uang lembur dan bagaimana perhitungannya?

      1. Apa yang dimaksud dengan Upah Kerja Lembur?

      Upah Kerja Lembur adalah upah yang diterima pekerja atas pekerjaannya sesuai dengan jumlah waktu kerja lembur yang dilakukannya.

      2. Apa yang dimaksud dengan waktu kerja lembur?

      Waktu kerja lembur adalah waktu kerja yang melebihi 7 jam sehari untuk 6 hari kerja dan 40 jam dalam seminggu atau 8 jam sehari untuk 8 hari kerja dan 40 jam dalam seminggu atau waktu kerja pada hari istirahat mingguan dan atau pada hari libur resmi yang ditetapkan Pemerintah (Pasal 1 ayat 1 Peraturan Menteri no.102/MEN/VI/2004).

      Waktu kerja lembur hanya dapat dilakukan paling banyak 3 jam/hari dan 14 jam dalam 1 minggu diluar istirahat mingguan atau hari libur resmi.

      3. Adakah Undang – Undang yang mengatur tentang Upah dan waktu kerja lembur?

      Ketentuan tentang waktu kerja lembur dan upah kerja lembur diatur dalam Undang –Undang no.13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan pasal 78 ayat (2),(4), pasal 85 dan lebih lengkapnya diatur dalam Kepmenakertrans no.102/MEN/VI/2004 mengenai Waktu dan Upah Kerja Lembur.

      4. Bagaimana dengan perhitungan upah lembur?

      Perhitungan Upah Lembur didasarkan upah bulanan dengan cara menghitung upah sejam adalah 1/173 upah sebulan.

      Berdasarkan ketentuan yang tertuang dalam Kepmenakertrans No. 102/MEN/VI/2004 , Rumus perhitungan upah lembur adalah sebagai berikut:

      a) Perhitungan Upah Lembur Pada Hari Kerja

      credit : http://www.gajimu.com/main/pekerjaan-yanglayak/kompensasi/upah-lembur

  2. Apakah diatur jam istirahat pada lembur hari libur.
    Misal pekerja diberi waktu istirahat pukul 12.00-13.00..
    Apakah 1 jam istirahat itu tetap dihitung lembur & harus dibayar atau tidak dihitung untuk dibayar?
    Bisa minta landasannya? Terima kasih.

  3. Pak? Saya krja di perusahaan. Resmi pake lamaran. Tapi ijasah asli sy di minta sebagai jaminan yg waktunya tidak di tentukan. Apakah menurut undan undang di benarkan? Mohon penjelasanya!

  4. saya kerja di suatu perusahan, dan bulan ini ada pengurangan karyawan
    perusahan itu tidak mau menambah karyawannya jadi yang di lakukan perusahaan itu malah merubah jam kerja karyawan tanpa berkordinasi dengan karyawannya dulu

    jam kerja semula 8jam per hari dalam 8 hari (6hari kerja dan 2 hari off)

    menjadi 12jam per hari dalam 6hari kerja (4hari masuk dan 2 hari off) dan tidak ada lembur

    mohon tanggapannya

      • Mohon pencerahan nya…sistem kerja 8 jam 5hari kerja.pda hari jumat masuk kerja jam 7.00-16.15.lembur.16.15 sd (hari sabtu) jam 07.00..perhitungan total lembur 25.5.?apakah benar.? Apa ad pelangaran masalah waktu istirhat karyawan.dg perusahaan mempekerjakan karyawan selama 24jam

  5. Pak saya bekerja disalah satu perusahaan marketing asing yg berkembang di indonesia. Mereka memberikan jam kerja 8jam/hari. Tetapi ada kebijakan. Setiap bulan di akhir bulan, karyawan tidak boleh off/libur. Selama seminggu. Apa itu melanggar uud pemerintah tentang keternagakerjaan?

  6. Kalau ditempat kerja saya pak, untuk satpam tidak ada istirahat libur pada hari minggu. tetapi di bayarkan lembur. kira2 melanggar UU gak pak ya

    • lihat ke perjanjian kerja nya, kalau keduanya sepakat berarti tidak melanggar, kalau ada salah satu pihak tidak sepakat dan dipaksakan berarti melanggar uu jam kerja

  7. Sore pak, mohon pencerahannya. mengenai piket security 2 sift dimana masing masing sift 12 jam, dengan pola kerja 4 kerja 2 libur sehingga dalam 1 bulan rata rata hari kerja 20 hari kerja. sehingga masing masing personil securiti mendapat paket lembur 300.000 untuk 1 bulan diluar gaji UMP, apakah hal tersebut menyalahi peraturan depnaker?

  8. Pak minta pencerahannya, untuk satpam jika dibuat 2 sift masing masing sift 12 jam dengan pola kerja 4 kerja 2 libur, dalam sebulan hanya dibayar lembur 400.000 diluar upah UMP, apakah hal tersebut melanggar peraturan ataukan masih dibolehkan. trimakasih

  9. Minta pencerhan nya pak.untuk kasus ini.jam kerja jam 07.00-16.15..pd hri jumat tgl 5..kita msuk jam 7 pagi.pulang jam 7 pagi tgl 6…total lembur 23.5..apakah benar?..perhitungan lembur nya seperti ap ya.?…apakah ada pelanggaran di situ?tdak memberi waktu istirht.(bukan istiraht makan yg saya malsut) termasuk pelangarangkah? Terimakasih

  10. Sayaa bekerja Di Salah satu depstore d Jakarta jam Kerja sayaa sangatt tidal sesuai dgn perundang2an ketenagakerjaan,kadang saya d wajib Kan Kerja sampaii 9 jam tanpa dibayar.mohon solusinya pak

  11. Siang pak, mohon pencerahannya.
    1. Untuk kasus apabila hari libur bertepatan pada hari minggu tapi tidak bekerja, apakah liburan nya digeser ke hari lain atau di hitung ke penambahan jam kerja atau lain nya?
    2. Apakah perusahaan wajib memberikan waktu istirahat kopi time 2x sehari kepada karyawan?
    Terima Kasih atas jawabannya.

    • 1. liburan tetap dihitung hari minggu, tidak bisa digeser kecuali ada kesepakatan bersama antara pekerja dan pengusaha
      2. jika lembur bisa 2x, bisa juga 1 kali tergantung kebijakan dan kemampuan perusahaan

  12. Pak saya minta pencerahannya apabila perusahaan mewajibkan kehadiran pada acara yang dilaksanakan pada hari Minggu, yaitu hari istirahat setelah 6 hari berkerja, yang juga adalah hari untuk beribadah buat saya.

    Perusahaan mewajibkan kehadiran dan saya diharuskan memberikan dokumen lengkap/bukti sebagai alasan jika tidak hadir. Apakah ini legal?

    Terima kasih.

  13. Mohon pencerahannya bapak…
    Saya bekerja 5hari kerja setiap minggunya…
    Dalam 1hari 9jam kerja…
    Tetapi kami dihari sabtu disuruh berangkat dari jam.08.00-14.00 namun tidak mendapatkan upah lembur…
    Terkadang dihari sabtu tersebut adalah tanggal merah nasional tapi kami tetap berangkat…
    Bagaiman menurut bapak?terimakasih

  14. Kalau waktu kerja pada awal mulai bekerja 8 jam normal lalu muncul surat keputusan bahwa kerja harus 10 jam bagaimana ya? Masuk jam 7 pagi pulang jam 5 sore. Jam istirahat siang seperti biasa pukul 12 sampai jam 1. Lalu waktu lembur baru dihitung mulai jam 6.30 malam. Jika plg jam 6 sore pun tidak dihitung lembur.

  15. Pak mhn info sy pekerja diperusahaan pembiayaan..status karyawan lapangan/field staff kadang hari libur nasional atau hari minggu tetap harus bekerja utk melayani pihak ketiga..apakah itu bisa dikategorikan lembur atau tidak??krn diperaturan perusahaan tidak ada/tidak tercantum..trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s