Cara Mudah Menulis Artikel Blog


Menulis adalah hal yang gampang-gampang susah karena anda harus rilex dan tenang saat melakukan itu. Anda tidak bisa kejar target satu hari harus menulis berapa artikel ataupun berapa halaman. kecuali jika itu memang pekerjaan anda dan dikejar pelanggan yang membeli artikel anda. Tentu saja mau tidak mau dengan keadaan sedikit terpaksa dibebani tanggung jawab yang harus dijalani. Anda harus iklas dan rela tanpa mendapatkan susana yang rilex untuk menulis.

Saya teringat waktu sekolah dulu dari jaman sd, smp, smk hingga kuliah, jujur saja tidak pandai menulis. Jangankan membuat skripsi, membuat makalah saja tidak paham ataupun mengarang bebas saat duduk di bangku sekolah pelajaran Bahasa Indonesia. Sekarang lumayanlah bisa mengarang bebas meskipun tata bahasanya masih buruk juga.

Kadang saya tertawa dan tersenyum sendiri ketika membaca tulisan sendiri ” iki opo ora jelas “. Tapi itulah yang namanya karya tidak bisa dilihat dari satu sisi sudut pandang seseorang. Kadang yang satu melihat tulisan ini tidak bermanfaat tapi sisi lain sudut pandang orang yang berbeda menganggapnya bermanfaat dan patut ditiru untuk inspirasi menulis.

Itu sedikit intro dimana kita tak perlu merasa berkecil hati jika tak pandai menulis, karena pada dasarnya manusi diberi kemampuan yang sama untuk melakukan kegiatan apapun. Termasuk menulis, aka tetapi kembali lagi ke pribadi masing-masing mau belajar untuk mengasahnya atau tidak.

Saya punya 2 senjata rahasia yang sudah umum dilakukan para penulis artikel barangkali. Yaitu 2 cara mudah menulis artikel blog :

  1. ATM, amati tiru modifikasi. Cara pertama ini yang paling mudah untuk dilakukan dan saya yakin semua orang bisa melakukannya. Lihat berita, kejadian ataupun cerita dari teman bisa dijadikan bahan untuk menulis sebuah artikel.
  2. Terapkan 5W+1H, ini adalah senjata paling mematikan untuk menulis sebuah artikel. Misalkan anda menulis tentang batu akik, anda bisa menjabarkan dengan pertanyaan 5W+1H. Hal itu bisa mengalirkan ide tulisan anda mau diarahkan kemana.

contoh :

Judul artikel : Batu Akik

Kemudian jabarkan dengan 5W+1H

What ? apa itu batu akik….. anda lanjutkan samapi 50 kata

Who ? misal siapa yang bisa memakai atau membeli batu akaik,,,, sampai 50 kata

When ? misal sejak kapan populer di indonesia …. pe 50 kata

Where? dimana bisa ditemukan atau dibeli atau dijual ….. pe 50  kata

Why ? kenapa batu akik harganya mahal dan populer … pe 50 kata

+

How ? bagaimana cara membuatnya…. pe 50 kata

Jadilah sebual artikel sederhana dengan jumlah artikel 250 kata. Mudah bukan? mungkin ada yang mau menambahkan trik lainnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s