KTP DKI JKT “700rb”


Ada seorang kawan ingin membuat KTP DKI harus merogoh kocek 700rb, akan tetapi tetangganya mengaku hanya cukup dengan membayar 500rb. Menurut keterangan yang diperoleh dari kawan saya, dengan kocek 700rb mampu untuk menebus E-KTP + KK. Selain administrasi uang, beliau juga harus melengkapi data administrasi berupa :

  1. Surat pindah dari asal tinggal
  2. Fotocopy Ijazah
  3. Fotocopy KTP lama
  4. Fotocopy akta kelahiran
  5. KTP asli

Semua berkas tersebut diserahkan ke Pak RT setempat, kemudian konon katanya diserahkan ke kelurahan. Kemudian menunggu panggilan dari kelurahan untuk mendapatkan giliran membuat E-KTP. Berikut ini cuplikan percakapan penawaran E-KTP antara kawan dan Pak RT;

Pak RT : mas, ingin membuat KTP sendiri atau dibikinin?

Kawan : dibikinin aja biar ga ribet, (celetuk kawanku) kemudian kawanku menyerahkan data administratif beserta uang sebesar 700rb

Setelah beberapa hari kemudian kawanku dipanggil untuk menuju ke kelurahan untuk foto, scan sidik jari, tanda tangan, dan cek mata. Hari berikutnya keluar KTP model lama plus KK. Untuk E-KTP menunggu 3 bulan kemudian baru jadi.

Yang jadi pertanyaan saya : Apakah untuk membuata E-KTP perlu merogoh kocek 700rb? (kata mendagri gratis)

jika harus membayar : Apakah sebesar itu? Uang 700rb buat apa ja ya? yang paham mengenai hal semacam ini silakan berikan pencerahan untuk saya dan kawan saya pada khususnya. Dan untuk edukasi masyarakat luas pada umumnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s