Hari Batik Nasional


Batik

Kini hari batik Nasional diperingati setiap tanggal 2 Oktober. Bagi orang Indonesia mungkin batik sudah tidak asing lagi karena sering dipakai dalam acara-acara resmi, kenegaraan dan hajatan dll. Batik biasanya juga identik dengan orang tua, orang tua lebih sering mengenakan pakaian bermotif batik. Namun sekarang berbeda, anak muda dan anak kecil sudah mulai suka mengenakan baju batik.

berikut ini video cara membuat batik :

 

Lantas apa yang mendasari mereka mengenakan batik yang dicap tua itu. Menurut saya, hal itu terjadi setelah pernah ada kejadian negara tetangga kita M mengakui batik sebagai kekayaan budaya mereka. Nah mulai dari situ, anak negeri Republik Indonesia ini bersatu dan geram terhadap M. Semenjak itu rasa Nasionalisme tumbuh berkembang berapi-api dan membakar semngat anak negeri untuk memperjuangkan dan merebut kembali hak kebudayaan yang diwariskan oleh nenek moyang kita.

Educational, Scientific, and Cultural Organisation (UNESCO)  Jumat, 2 Oktober 2009 menetapkan batik sebagai warisan budaya milik Indonesia. Hari yang dinanti-nantikan oleh seluruh penduduk ini pun dijadikan sebagai hari batik. (http://blogs.unpad.ac.id)

Semenjak penetapan hari batik itu, instansi pemerintah menjadwalkan karyawannya untuk mengenakan pakaian batik. Sekolah-sekolah dasar hingga universitas pun melakukan program tersebut. Para designer pun ikut berpartisipasi mendesign batik agar nyaman  digunakan oleh para muda mudi.

Semoga saja tidak hanya batik yang dilestarikan dan dibudayakan kembali. Masih banyak lagi warisan nenek moyang kita yang perlu dilestarikan. Jangan menunggu negara tetangga M merebut budaya kita baru kita bangga memiliki kebudayaan bernilai tinggi + luhur , kemudian baru kita meneriaki maling dan berusaha merebutnya kembali.

AKU ANAK INDONESIA, AKU CINTA INDONESIA

AKU CINTA BUDAYA INDONESIA, AKU CINTA PRODUK INDONESIA

AKU BANGGA MENJADI WARGA NEGARA INDONESIA

Bagaimana dengan anda?

sumber gambar : http://id.wikipedia.org/wiki/Batik

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s