Galeri

Parkir Liar Memakan Korban


Serambi Rodin Saputra 26/06/12_Pada tengah malam jam 11.45 di Jalan Daan Mogot km 17 terjadi kecelakaan lalu lintas. Ada sebuah taxi berwarna biru menabrak sebuah truk gandeng yang sedang parkir. Menurut keterangan sopir taxi yang menabrak truk tersebut mengaku bahwa dirinya tidk sedang mabuk ataupun ngantuk. Akan tetapi Sopir tersebut sedang minum air kemasan dalam botol serambi menyetir. Menurut si Sopir taxi tersebut, bekum sempat meminum air dalam botol kemasan ditangannya. Tiba-tiba dia sudah dalam posisi keadaan menabrak truk bagian kanan truk yang sedang parkir.

Kondisi si Sopir taxi biru itu tidak terluka, tetapi yang menjadi korban adalah truk bagian belakang sebelah kanan dan taxi hancur bagian muka sebelah kiri. Untunglah si Sopir Taxi selamat, walaupun masih bingung dengan penuh tatapan kosong saat dipertanyakan kronologi kejadiannya oleh temen-temen seprofesinya.

—————————————————————————————————

Lalu, apakah truk tersebut termasuk parkir liar ? Ya, menurut saya. Karena parkir sembarangan di pinggir jalan raya dan mempersempit ruas Jalan Daan Mogot km 17. Kadang juga menimbulkan macet, dan semalam memakan korban si Taxi Biru yang terkenal dengan lambang burungnya. Ngomong-ngomong soal parkir liar, Apakah ada undang-undangnya yang mengatur hal tersebut? Karena saya penasaran, saya langsung nanya ama mbah google. berikut ini jawaban mbah google :

  • Peraturan Daerah DKI Jakarta No.12 tahun 2003
  • Undang-undang No 22 tahun 2009

Di Undang-Undang No 22 tahun 2009, dijelaskan bahwa kendaraan tidak bole diparkir di badan dan bahu jalan. Dijelaskan pula, melanggar rambu atau marka, melanggar aturan perintah atau larangan yang dinyatakan dengan rambu lalu lintas atau marka telah diatur dalam undang-undang tersebut. Yakni Pasal 287 ayat (1)jo pasal 106 ayat(4) huruf a dan pasal 106 ayat (4) huruf b. “Adapun sanksinya yakni denda Rp 500 ribu,” tandas Hidayat. (reza)

Nah, disini saya ingin mengajak para pembaca untuk mematuhi peratuaran yang dibuat demi keselamatan dalam berlalu-lintas. Semoga bermanfaat, Amin….

“Jaga Keselamatan Anda dan Pengguna Jalan Lainnya”

reff :

http://imediacyber.wordpress.com/page/5/

http://www.lintasterkini.com/2012/polrestabes-dan-pemkot-makassar-tertibkan-parkir-liar-di-bahu-jalan.html

Note : Undang-undang No 22 tahun 2009 versi PDF Lengkap

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s