Kisi-Kisi UTS Pengetahuan Bahan Teknik


Sumnggo diwaos, niki kisi-kisi UTS bahan Teknik UMB :

  • Perhatikan Figure 23-3. Sebutkan dua dari empat pertimbangan dalam pemilihan bahan. Uraikan apa yang anda ketahui dari dua pertimbangan tersebut.

Pertimbangan yang pertama dalam pemilihan bahan adalah sifat-sifat bahan (properties). Satu bahan dipilih karena sifat-sifatnya sesuai dengan kebutuhan. Kekuatan bahan mungkin akan menjadi pertimbangan utama, tapi bahan yang terlalu kuat akan sulit diprosesnya (sulit dipotong dan sulit dibentuk, misalnya), selain biayanya pun akan mahal. Untuk mencapai kekuatan yang diinginkan, suatu komponen harus mempunyai ukuran tertentu sehingga akhirnya mungkin komponen ini menjadi terlalu berat sehingga produk akan sulit untuk berfungsi. Untuk itu harus dipilih bahan yang kuat tapi ringan. Hal ini dihadapi ketika orang membuat rangka sepeda, raket, stik golf.

Pertimbangan selanjutnya adalah ketersediaannya, baik itu di gudang sendiri, ataupun di vendor. Sering terjadi, bahan yang dipilih adalah bukan pilihan pertama, karena ternyata bahan yang dipilih pertama sulit ditemukan di pasar.

Pertimbangan yang ketiga adalah harga. Jika terdapat beberapa jenis bahan yang memenuhi kebutuhan, maka pertimbangan harga dapat dipakai untuk menentukan pilihan. Sebuah produk, walau pun mutunya tinggi, kalau harganya terlalu mahal, maka akan gagal secara komersil.

Pertimbangan yang ke empat adalah keamanan bahan tersebut, dilihat dari aspek lingkungan dan keamanan pemakai. Kalau ada peraturan pemerintah mengenai hal ini, tentu peraturan tersebut harus ditaati. Gangguan terhadap lingkungan dapat terjadi ketika barang dipakai, atau ketika barang sudah dibuang. Jadi untuk keduanya, harus diberikan cukup pertimbangan.

  • Perhatikan Tabel 2-1. Tabel tersebut menampilkan sifat-sifat beberapa unsur (elemen) penting: titik leleh, masa jenis, resistivitas listrik, koefisien muai panas, dan konduktivitas panas. Angka-angka yang tercantum menyatakan nilai elemen tersebut dalam sifat yang bersangkutan. Sebutkan elemen mana yang paling tinggi dan yang paling rendah angkanya dalam setiap sifat tersebut. Dengan dengan demikian jawaban anda harus ada 10 angka (2 x 5).

titik leleh, T (carbon) R (mercury)

masa jenis,T (tungsten) R (calcium)

resistivitas listrik,T (manganese) R (silver)

koefisien muai panas,T (plutonium) R (carbon)

konduktivitas panas, T (silver) R (osmium)

ket : T paling tinggi, R paling rendah

  • Sebutkan sistem bahan yang anda ketahui.

Sistem bahan : 1. Metal 2. Plastik 3. Keramik 4. Campuran

  • Sebutkan komponen kendaraan yang merupakan aplikasi dari 4 sistem bahan yang ada! Minimal satu komponen untuk satu sistem bahan.

1. metal > rangka kendaraan 2. plastik > body kendaraan 3. keramik > busi 4. campuran > blok mesin

  •  Uraikan cara kerja ke empat metoda pengujian kekerasan (hardness).

Metoda yang umum dipakai untuk menguji kekerasan adalah (1)Brinell, (2) Rockwell, (3) Vickers, dan (4) Knoop

  • Sebutkan 3 cacat atau kegagalan yang sering terjadi ketika logam cair dalam cetakan, membeku.

Dalam proses pengecoran harus diperhatikan bahwa ketika logam cair sudah mengeras biasa terjadi (1) penyusutan permukaan, (2) terjadinya rongga, dan (3) terjadinya penyusutan diameter.

  • Apa yang dimaksud dengan baja paduan (alloy steel)? Sebutkan unsur-unsur yang biasa dicampurkan pada baja untuk membuat baja paduan?

Alloy steel adalah paduan besi-karbon yang mengandung unsur-unsur lain dengan jumlah total kurang dari 5% berat keseluruhan. Unsur-unsur yang biasa ditambahkan pada baja: kromium, mangan, molibdenum, nikel, vanadium. Dalam bentuk individu maupun kombinasi.

  • Sebutkan 3 kelompok carbon steel yang termasuk plain carbon steel! Sebutkan aplikasi dari masing-masing kelompok tersebut!

1. Austenitic stainless. Dipakai untuk peralatan di pabrik kimia atau peralatan pengolah makanan. Juga dipakai untuk komponen mesin yang memerlukan tahan karat. 2. Ferritic stainless. Dipakai untuk berbagai perlatan dapur, sampai komponen mesin jet. 3. Martensitic stainless. Dipakai untuk alat makan dan peralatan operasi.

  • Sebutkan jenis-jenis besi tahan karat!

Berat jenis. Karena dasarnya adalah besi, berat jenis baja tahan karat hampir sama dengan baja karbon atau baja paduan rendah.

Struktur kristal.Austenitic mempunyai struktur kristal tertentu yang membuatnya bersifat tidak ferromagnetic.

Sedangkan ke-empat jenis baja tahan karat yang lain, bersifat ferromagnetic Konduktivitas.Baja tahan karat merupakan konduktor panas dan listrik yang cukup buruk, jika dibanding dengan baja karbon. Pemuaian.

Koefisien muai panas baja tahan karat adalah 50% lebih tinggi dibanding baja karbon.

Modulus elastisitas Baja tahan karat mempunyai modulus elastisitas yang sedikit lebih rendah ketimbang baja karbon sederhana dan baja paduan rendah. Kalau per baja karbon sederhana akan diganti oleh per baja tahan karat, karena kinerjanya akan berbeda.

  • Uraikan fenomena terjadinya coating alamiah (patina) pada aluminum yang dapat memperlambat proses korosi pada aluminum!

Laju penetrasi korosi sebenarnya cukup tinggi pada sekitar dua tahun pertama, yaitu sampai permukaan alumunium tertutup dengan oksida hasil korosi yang dikenal dengan sebutan patina. Lapisan patina ini fungsinya menjadi mirip dengan coating. Setelah periode pembentukan coating ini, laju korosi menjadi lambat.

  • Sebutkan 2 barang di sekitar saudara yang merupakan aplikasi dari bahan tembaga!

aplikasi tembaga : > kabel listrik > bagian dalam viting lampu

  • Lihat Tabel 11-2  dalam Modul 07. Sebutkan 4 sifat dimana keramik sangat jelas perbedaannya dibanding bahan lain (logam dan plastik).

1. creep strength excelent 2. melting point tinggi 3. electrical insulation good excelent 4. chemical resitance excelent

reff :

soal dari quiz ilmu bahan teknik

jawaban dari modul Mr Bambang UMB

Iklan

One comment on “Kisi-Kisi UTS Pengetahuan Bahan Teknik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s